Hari ini, hari yang Unyil tunggu

Bertambah satu tahun Usia Unyil, Menyelamlah selalu!

 

Selamat Ulang Tahun ke-33 Unit Selam UGM!

Ada yang berbeda dari perayaan HUT Unyil tahun ini! Adanya pandemi COVID-19 tidak menyurutkan semangat dari anggota Unit Selam UGM untuk tetap memberikan persembahan yang berkesan di tengah segala keterbatasan. Pelaksanaan yang tidak dapat dilakukan secara tatap muka ternyata justru mendekatkan yang jauh, dimana seluruh anggota Unit Selam UGM baik alumni maupun anggota aktif dapat dipertemukan secara daring tanpa batasan jarak. Rangkaian acara HUT dilakukan sejak tanggal 20 Juli 2020 hingga 8 Agustus 2020 dengan agenda “Inget Banget Waktu di Unyil” Nostalgia Challenge, “Online Talk Show: Kuliah sambil Nyelam, Lulus Jadi Apa?” part 1 dan 2, serta “Pesta Virtual Unyil” sebagai acara puncak.

 

[ONLINE TALK SHOW#3 UNIT SELAM UGM, Birthday Special] Kuliah Sambil Nyelam, Lulus Jadi Apa? Part 1]

— 31 Juli 2020

“Kuliah Sambil Nyelam, Lulus Jadi Apa? Part #1”

Topik: Pekerjaan dalam Bidang Pariwisata, Ekonomi, dan Perikanan di Industri Selam

Narasumber:

  1. Annisa Filania (Country Manager, Divesea Indonesia) 
  2. Respaty Yudha P. (Analis Kelautan dan Perikanan Direktorat Jenderal Pengelolaan Ruang Laut, Kementerian Kelautan dan Perikanan)
  3. Bobby Dwi K. (Instruktur PADI&Praktisi Selam Rekreasi)

 

[ONLINE TALK SHOW#4 UNIT SELAM UGM, Birthday Special] Kuliah Sambil Nyelam, Lulus Jadi Apa? Part 2]

— 8 Agustus 2020

“Kuliah Sambil Nyelam, Lulus Jadi Apa? Part #2”

Topik: Pekerjaan dalam Konsrvasi, Sosial, dan Penelitian di Industri Selam

Narasumber:

  1. Muhammad Hafizt (Peneliti, Laboratorium Ekologi Spasial, Pusat Penelitian Oceanografi, LIPI)
  2. Katherina Tjandra (Program Implementation, Senior Manager, Rare Indonesia)

 

 

Terkadang, memang tidak ada relevansi antara apa yang dipelajari saat kuliah dengan pekerjaan apa yang kelak dijalani setelah lulus. Dunia kerja tidak terbatas, dan tidak melulu segaris lurus dengan apa yang kita pelajari di dunia perkuliahan, termasuk mendapatkan pekerjaan dari hobby yang kita miliki. Meskipun begitu, tak banyak diketahui bahwa lapangan kerja pada dunia penyelaman melibatkan berbagai bidang dan sektor. Tema Online Talkshow “Kuliah Sambil Nyelam, Lulus Jadi Apa?” sengaja diambil untuk lebih membuka mata dan sudut pandang baru terkait dunia kerja di bidang penyelaman, khususnya bagi para mahasiswa yang tergabung dalam organisasi penyelam mahasiswa. Terbuka untuk peserta umum, pada online talk show ke 3 dan 4 edisi ulang tahun ini Unit Selam UGM mengundang beberapa alumni yang merupakan ahli di bidangnya, untuk berbagi pengalaman mengenai dunia kerja di sektor penyelaman.

“Tidak ada sesuatu yang instan, semua butuh proses dan sesuatu yang ingin kita capai harus diusahakan”, begitulah kurang lebih kutipan dari salah satu narasumber Online Talk Show #4 yaitu, Ibu Katherina Tjandra (Program Implementation, Senior Manager, Rare Indonesia).

Selain acara online Talk Show, pada HUT kali ini Unyil juga mengadakan Virtual Challenge, lho Buddies! Berjudul Nostalgia Challenge “Inget banget waktu di Unyil…”, challenge ditujukan bagi para alumni dan anggota Unit Selam UGM untuk ikut dalam membagikan pengalaman yang paling berkesan selama berdinamika di Unit Selam UGM. Ajang nostalgia ini terbagi dalam beberapa nominasi yakni ‘ter-tegang’, ‘te-komdis’, ‘ter-kocak’, ‘ter-manis’, dan ‘ter-tak duga’. Hadiah pun turut disiapkan untuk meningkatkan antusias para peserta.

Acara puncak HUT ke-33 Unit Selam UGM dirayakan secara simbolis dengan sambutan dari ketua acara, ketua umum, serta beberapa alumni; pemutaran video kolaborasi anggota aktif dengan alumni; serta temu dan sharing alumni lintas angkatan. Video kolaborasi berisikan ucapan ulang tahun, diselingi dengan menampilkan slide foto dari tahun ke tahun sebagai wujud pencapaian dan perkembangan Unit Selam UGM. Mengakhiri rangkaian euforia HUT Unit Selam UGM, diumumkan para pemenang dari Nostalgia Challenge, selamat untuk para pemenang!

 

 

Belum nonton video kolaborasi lintas angkatan dalam rangka ulang tahun Unit Selam UGM? Berikut aksinya!

 


0 Comments

Leave a Reply

Avatar placeholder

Your email address will not be published.