Deep and Extreme Indonesia (DXI) adalah kegiatan tahunan yang diselenggarakan oleh Deep and Extreme yang memiliki konsep pameran dan talkshow. Pada tahun 2019, Deep and Extreme Indonesia dilaksanakan di Jakarta Convention Centre (JCC) Hall B dari tanggal 4-7 April.  Tema utama yang diangkat oleh DXI 2019 adalah Indonesia yang bersih, aman, dan nyaman untuk berwisata. Sedangkan pelaksanaan Deep and Extreme sendiri secara umum berfokus pada pengembangan pariwisata alam Indonesia baik di laut maupun daratan.

Delegasi Unit Selam UGM yang ikut DXI 2019 hadir pada Sabtu, 6 April. Pada hari tersebut, delegasi mengikuti talkshow berjudul “Mari Jaga laut Masa Depan Bangsa” yang berlangsung dari jam 14.00 WIB – 16.00 WIB. Talkshow ini mengundang narasumber dari organisasi non-profit Pandu Laut Nusantara. Narasumber yang hadir diantaranya adalah Menteri Kelautan dan Perikanan, Ibu Susi Pudjiastuti sebagai Pembina Pandu Laut Nusantara, Kaka dan Ridho Slank sebagai Pendiri Pandu Laut Nusantara, Prita Laura sebagai Ketua dan Juki Kill The DJ sebagai narasumber dari pencipta konten Underwater Videography. Berdasarkan pemaparan dari para narasumber, Indonesia membutuhkan regulasi dan kebijakan terkait penangan sampah khususnya di laut. Selain itu, peran masyarakat juga diperlukan agar sadar dalam meminimalisir penggunaan plastik satu kali pakai dengan barang yang dapat digunakan berulang seperti botol minum dan tas kain. Talkshow ini diakhiri dengan pemberian lencana pada Putri Selam Indonesia dan Penitipan Laut kepada seluruh peserta yang hadir oleh Menteri Kelautan dan Perikanan, Ibu Susi Pudjiastuti.

Talkshow yang diikuti oleh delegasi selanjutnya ialah mengenai Trend Penyelam Mahasiswa. Pada talkshow kali ini, yang menjadi narasumber dari Forum Penyelam Mahasiswa Indonesia, Klub Selam Perikanan IPB dan Dosen IPB. Talkshow ini membahas peran mahasiswa dalam dunia penyelaman dan manfaat yang didapat ketika menjadi seorang penyelam. Dengan selesainya talkshow tersebut, maka kegiatan Deep and Extreme Indonesia 2019 yang diikuti oleh delegasi Unit Selam UGM juga sudah selesai.


0 Comments

Leave a Reply

Avatar placeholder

Your email address will not be published.