Padang Bai sebuah nama daerah yang terletak di sisi timur Pulau Bali. Sebuah pantai yang dipenuhi perahu-perahu nelayan yang akan tetapi lebih banyak lagi perahu yang berfungsi untuk transportasi bagi para turis dan wisatawan yang ingin diving atau snorkeling maupun hanya berkeliling dan menyebrang. Ya memang sangat banyak kapal di sekitar Padang Bai karena di Padang bai merupakan pelabuhan utama bagi para turis maupun orang yang ingin menuju ke pulau seberang Bali yaitu pulau Lombok yang juga merupakan tujuan banyak wisatawan lokal maupun mancanegara dengan destinasi utama yang ada di pulau Lombok yaitu Gili Trawangan.

Pelabuhan padang merupakan pelabuhan yang cukup besar dengan fungsi utamanya adalah memang penyebrangan dengan kapal feri utamanya. setelah di mencari tahu bahwa pelabuhan padang bai dapat besar tidak secara langsung, namun pelabuhan Padang Bai memang sudah ada sejak jaman penjajahan belanda. Pelabuhan Padang Bai memang dibangun oleh bangsa belanda untuk memenuhi keperluan penyebrangan mauapun keperluan kemaritiman yang lain.

Pelabuhan

Kami tim kloter ke 3 yang melakukan Ekspedisi Nusantara Bawah Air di daerah padang datang ke Padang Bai pada bulan awal Agustus yang merupakan high season yaitu masa ketika banyak-banyaknya turis manca negara yang berlibur di Pulau Bali. Memang Padang Bai tak hanya terkenal dengan pelabuhannya sebagai penyeberangan antar pulau. Padang bai juga menyimpan keindahan alam dari sisi pantai hingga dalam lautnya yang begitu indah. Dibuktikan ketika kami sampai di Padang Bai betapa ramai dengan turis manca negara yang berlibur di Resort – resort , hotel banyak yang penuh oleh para turis.

Begitu juga pada jumlah para penyebrang pelabuhan yang begitu ramai oleh para turis. Hampir bisa dibilang semua para penyebrangnya adalah para turis yang terlihat membawa koper-koper dan ransel yang menujukan bahwa mereka memang berpindah destinasi wisata ke pulau sebelah.

Pelabuhan dan dermaga di Padang Bai bisa dibilang terbagi menjadi 2 yaitu yang berada di dermaga utama yang berisi banyak kendaraan-kendaraan truk besar serta yang berlokasi di pantai Padang Bai yang berisi kapal-kapal cepat yang berguna juga sebagai penyebrangan para turis. Penyebrangan sendiri terlihat di daerah pantai juga teratur dan tertib yang munkin memang diatur dengan tertib.

 

oleh : Natsir Asrafi


0 Comments

Leave a Reply

Avatar placeholder

Your email address will not be published.