Seluruh peserta LPT XXVI melakukan water trappen sebelum scuba exercise

Unit Selam UGM melakukan Latihan Perairan Terbuka DIKLAT XXVI selama lima hari, 16-20 Maret 2016 lalu di Karimun Jawa. Didampingi dua orang instruktur, rombongan yang berjumlah 33 orang ini berangkat pada Selasa malam, 15 Maret dari Gelanggang UGM menggunakan bus (Yogyakarta-Jepara). Perjalanan kemudian dilanjutkan menggunakan kapal Siginjai(Jepara-Karimun Jawa) pada Rabu pagi. Di sini rombongan bertemu dengan Om Nurul yang merupakan seorang pelatih selam, sekaligus pendamping ketiga peserta LPT.

Selama di Karimunjawa, para peserta LPT dilatih untuk membiasakan diri di laut melalui pemanasan dan watermanship sebelum pelatihan scuba. Pada sesi scuba pertama dan kedua, pelatihan dilakukan di sekitar kawasan dermaga. Di sini kami melihat tiang-tiang penyangga dermaga yang telah ditumbuhi oleh karang. Pada hari ketiga dan keempat, pelatihan scuba dilakukan di lokasi transplantasi terumbu karang milik KAGAMA di kawasan Pulau Menjangan Kecil. Di malam terakhir, kami menjalin silahturahmi dengan makan bersama anggota Selam Perikanan UGM.

Scuba exercise

Banyak hal baru yang kami temukan selama LPT ini, terutama keindahan bawah laut Karimun Jawa yang memiliki biodiversitas tinggi. Kami bertemu scorpion fish, anemonefish (ikan badut), bintang laut, bulu babi dan masih banyak lagi. Latihan Perairan Terbuka ini sangat menambah wawasan dan keterampilan kami, DIKLAT XXVI yang kini telah resmi sebagai anggota baru Unyil dan Open Water Scuba Diver. Terima kasih Om Jack, Om Gepeng dan khususnya Om Nurul serta rekan-rekan di Karimunjawa. Semoga ilmu yang didapat ini mampu diaplikasikan dengan baik oleh teman-teman Unyil, khususnya DIKLAT XXVI. Tetap berlatih yaa teman-teman semua dan Waspada Dira Anuraga!

Unit Selam UGM! WOYOOO!!

Stretching pagi hari sebelum scuba exercise

 

Pengarahan oleh instruktur, Om Jack

 

Selamat datang anggota baru Unit Selam UGM!

 


0 Comments

Leave a Reply

Avatar placeholder

Your email address will not be published.