Karimunjawa – Setelah melewati proses panjang dimulai dari seleksi kolam & wawancara, Diklat ruang & kolam, latihan kolam, dan try out, untuk menjadi  ‘penyelam Unit Selam UGM’, akhirnya 15 orang calon anggota Diklat XXIII mengikuti latihan perairan terbuka di Pulau Karimun Jawa pada tanggal 4-9 Juni 2013. Seperti agenda LPT Unit Selam UGM yang diadakan setiap tahun nya, LPT merupakan langkah awal bagi para peserta untuk mempraktikan segala ilmu dan pendidikan yang telah didapat sejak awal mereka berproses bersama keluarga besar Unit Selam UGM. Persiapan kepanitiaan yang telah dilakukan sejak awal bulan Mei pun berjalan dengan lancar, sehingga LPT XXIII juga dapat berjalan sesuai dengan yang telah direncakan dan diharapkan.

Pada hari pertama LPT, peserta memulai latihan dengan penyesuaian atau adaptasi dengan lingkungan laut, tidak hanya itu materi skin diving dan fins swimming pun mereka praktikan langsung di perairan Karimun Jawa. Lanjut pada hari kedua, ketiga, dan keempat, dengan materi yang sama seperti telah disampaikan pada latian kolam, para peserta berlatih dengan baik, seperti mengatur buoyancy, masker clearing, buddy breathing, touring, dan safe stop, semua nya dipraktikan di perairan terbuka.

 Hari Minggu, 9 Juni 2013, panitia dan peserta LPT XXIII kembali ke Jepara, disambut hangat oleh anggota alumni. Singkat cerita, dengan penuh intrik, akhirnya 15 orang anggota Diklat XXIII resmi dilantik di Pulau Panjang, Jepara. Selamat datang Diklat XXIII di keluarga besar Unit Selam UGM. [AF]


0 Comments

Leave a Reply

Avatar placeholder

Your email address will not be published.