Minggu, 24 Maret 2013 – Tim Scuba Holic, Unit Selam UGM mengadakan Travel Writing Workshop bersama Yudasmoro yang diselenggarakan di Gelanggang Mahasiswa UGM. Hadir 30 orang peserta yang terdiri dari tim Scuba Holic, anggota Unit Selam UGM, beberapa perwakilan UKM Gelanggang UGM, organisasi selam di Jogjakarta, dan beberapa mahasiswa UGM dari Fakultas Sosial Politik dan Ilmu Budaya.

Raden Yudasmoro Minasiani yang hadir sebagai narasumber adalah seorang freelance travel writer, kontributor utama majalan Jalan-Jalan, Garuda in Flight Magazine, dll. Yudasmoro pun telah menerbitkan sebuah buku tentang dunia penulis perjalanan, yang berjudul Travel Writer. Beberapa topik mengenai dunia travel writing dibahas dalam workshop ini, seperti life of travel writer, writing concept, glimpse of travel photography, purposing magazine, dll. Sesi kelas yang berlangsung dari pukul 8 pagi hingga pukul 11, kemudian dilanjutkan dengan sesi praktik, yang diakhiri dengan evaluasi beberapa tulisan peserta workshop.

Workshop yang mengusung tentang tema travel writing ini pada dasarnya ingin memperkenalkan profesi travel writer yang kini telah diekspos sebagi one of the best job in the world oleh beberapa situs diluar negeri. Traveling atau jalan-jalan pun kini telah bagian dari life style masyarakat. Dengan adanya banyak liputan di televisi, majalah, buku ataupun tulisan-tulisan di Internet mengenai dunia traveling ataupun petualangan baik di dalam, maupun ke luar negeri, membuktikan meningkatnya keinginan masyarakat  untuk mengeksplor keindahan alam dan kekayaan budaya. Peningkatan ini tentu saja bisa dimanfaatkan jika disalurkan dengan adanya dokumentasi perjalanan baik berupa tulisan ataupun foto yang baik, agar informasi mengenai perjalanan dapat dibagi kepada orang lain.


0 Comments

Leave a Reply

Avatar placeholder

Your email address will not be published.