KarimunJawa- Dewasa ini dunia pariwisata bahari di Indonesia sedang naik daun, hal ini ditunjukkan dengan banyaknya tempat wisata di berbagai tempat di Indonesia semakin sering dikunjungi dan diperbincangkan. Pesona pantai tropis yang indah pemandangan laut yang menenangkan menjadi magnet pariwisata suatu daerah tersebut. Ditambah lagi Indonesia masuk kedalam bagian coral triangle dimana kekayaan terumbu karang di Indonesia sangat beragam. Sayangnya tidak semua orang dapat berkesempatan untuk melihat secara langsung dan menikmati keindahan dunia bawah air.

Diving ! adalah salah satu cara untuk menjelajah dan menikmati surga bawah air Indonesia. Pada tanggal 2 – 7 November 2012 Unit Selam UGM mengantarkan para calon diver ( sekarang sudah jadi diver ) menikmati warna-warni terumbu karang dan berenang bersama ikan-ikan. Melalui kegiatan pelatihan dan sertifikasi SCUBA diver, peserta diajarkan bagaimana cara yang benar untuk menyelam, teknik menggunakan peralatan SCUBA dan segala aspek yang mempengaruhi penyelaman salah satunya fisika penyelaman, fisiologi penyelaan sampai etika pada penyelaman. Melalui tiga tahap pelatihan yaitu Pendidikan Awal Penyelaman (PAP), Latihan Ketrapilan Kolam (LKK) dan Latihan Perairan Terbuka (LPT) peserta berhak untuk mengikuti ujian sertifikasi yang dilakukan secara tertulis dan praktek di laut. Setelah melalui tahap-tahap tersebut, selamat anda telah menjadi penyelam yang legal dan bersertifikat.

Kegiatan ini dilakukan di Yogyakarta ( PAP dan LKK ) dan di Kepulauan Karimunjawa ( LPT dan sertifikasi ). Penyelaman dilakukan sebanyak 5 kali yang dihitung dalam 5 log penyelaman. Penyelaman hari pertama dilakukan di dermaga Karimunjawa, selanjutnya dilakukan penyelaman di Pulau Menjangan, Pulau tengah, dan bonus penyelaman di kapal karam Indonor.

Kepada para peserta kami ucapkan selamat memasuki dunia baru, ingat pepatah Waspada Dira Anuraga [ RPD ].


0 Comments

Leave a Reply

Avatar placeholder

Your email address will not be published.