Transplantasi Karang

Unit Selam UGM (UNYIL/GADISO) tahun ini kembali mengadakan kegatan rutin penyelamatan terumbu karang di Taman Nasional Baluran. Dilaksanakan sejak tanggal 25 November hingga 01 Desember 2011, kali ini Unit Selam UGM melakukan kegiatan berupa transplantasi karang dan reef check.

Kegiatan yang telah dilaksanakan sejak tahun 2002 ini menunjukkan hasil pemeriksaan karang di 6 titik penyelaman yakni Bilik, Bama, Air Karang, Lempuyang, Kajang dan Simacan. Berdasarkan hasil pendataan tahun 2011, ditemukan bahwa pernutupan karang hard coral paling baik berada di perairan Bama kedalaman 3m, distribusi ikan jenis Butterflyfish terdapat di perairan Lempuyang kedalaman 3m sedangkan untuk kelimpahan rubble paling banyak ditemukan di perairan Bilik kedalaman 3m. Biota yang cukup sering ditemui selain Butterflyfish adalah Grouper. Peneliti juga sempat melihat Paus, Penyu dan Lobster di daerah – daerah penelitian. Hal ini menunjukkan bahwa perkembangan terumbu karang masih bagus, akan tetapi berdasarkan wawancara dengan komunitas pesisir, diketahui bahwasanya masih sering terjadi penangkapan ikan dengan menggunakan bom yang dilakukan oleh nelayan – nelayan diluar TNB.

T.N Baluran menjadi titik penelitian Unit Selam UGM sejak tahun 2002 dan disepakati melalui pertemuan Jaringan Kerja Reef Check Indonesia (JKRI) pada tahun 2001.


0 Comments

Leave a Reply

Avatar placeholder

Your email address will not be published.