Menurut data FAO (Food and Agriculture Organization), laut Indonesia mampu menghasilkan setidaknya 100 juta ton ikan setiap tahunnya. Pada 1988, nelayan telah mampu menangkap ikan 97,4 ton. Namun hingga kini jumlah tersebut kian menurun tiap tahunnya. Penyebabnya bukan karena manusia mengurangi kegiatan penangkapannya, melainkan persediaan ikan di lautan yang semakin menipis. Artinya overfishing telah mengancam Indonesia.

Ironinya negeri ini belum sanggup mengatasi nelayan ilegal baik asing mapun lokal yang merusak ekosistem laut Indonesia. Hal ini karena illegal fishing terjadi akibat rendahnya kemampuan pengawasan, sehingga timbul kesempatan pencurian sumber daya yang tentu harus segera dihentikan. Meski fenomena ini berkaitan erat dengan kebijakan, bukan berarti kita hanya bisa diam, menjadi penonton, dan turut menyalahkan. Edisi ini mencoba menginformasikan pembaca terkait feonomena overfishing di Indonesia. Harapannya, semakin banyak orang yang memahami fenomena ini, maka akan semakin bertambah jumlah pengawas pelanggaran yang terjadi di lingkungan sekitar pembaca.

Sedikit demi sedikit lama-lama menjadi bukit. Dimulai dari tindakan kecil Anda, jika dilakukan oleh banyak orang, akan berdampak banyak pula nantinya. Stop Overfishing!

Salam Bahari!

Download:

Issuu | Mediafire


0 Comments

Leave a Reply

Avatar placeholder

Your email address will not be published.