Seminar hasil dan launching Zooxanthellae XV dilaksanakan pada tanggal 5 Februari 2019 di Auditorium Andi Hakim Nasution Institut Pertanian Bogor. Zooxanthelae merupakan acara tahunan yang  diselenggarakan oleh Fisheries Diving Club Institut Pertanian Bogor (FDC IPB) yang berada di bawah naungan Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan yang berisikan kegiatan observasi ke daerah-daerah yang mengedepankan aspek lingkungan.

Seminar yang diadakan oleh FDC IPB ini mengundang berbagai peserta salah satunya adalah Unit Selam UGM, sehingga pada hari Selasa Unit Selam UGM mengirimkan dua delegasi untuk mengikuti seminar ini. Delegasi dari Unit Selam UGM yaitu Tomy Hidayat Herawan (GADISO/XXVIII/BI/423) dan Aulia Romadhona Effendi (GADISO/XXVIII/BI/413). Selain dihadiri oleh mahasiswa dari berbagai universitas, seminar ini dihadiri oleh Wakil Bupati Maluku Tenggara beserta Staff Pemerintah Daerah Maluku Tenggara dan jajarannya, Wakil dari organisasi WWF, serta beberapa Organisasi Selam Mahasiswa dari berbagai universitas. Kegiatan berlangsung dari pukul 09.30 WIB – 15.00 WIB. Dibagi menjadi 2 sesi yaitu sesi pertama berisikan pembukaan, sambutan-sambutan, pemaparan hasil observasi Zooxanthellae XV  serta diskusi lalu di akhiri dengan Ishoma pada pukul 12.00 WIB – 13.00 WIB. Setelah Ishoma acara dilanjutkan dengan sesi ke-2 yakni Talkshow dengan tajuk “ Explorasi Bahari dan Sosial Budaya Pesisir Timur Kei Besar Maluku Tenggara” dengan narasumber antara lain Wakil Bupati Maluku Tenggara, perwakilan WWF daerah Maluku Tenggara serta para pemangku kebijakan di daerah Kei Besar Maluku Tenggara.

Berakhirnya Seminar Hasil dan Launching Zooxanthellae XV merupakan penutupan dari rangkaian Expedisi Zooxanthellae XV dengan ditandai oleh pemberian plakat kepada para pembicara serta pemberian output Zooxanthellae XV berupa Buku Populer serta Laporan Ilmiah hasil observasi Bahari dan Sosial Budaya di Pesisir Timur Kei.


0 Comments

Leave a Reply

Avatar placeholder

Your email address will not be published.