1. Destinasi Wisata yang mudah dijangkau dan murah!

 

Pulau Menjangan merupakan sebuah pulau yang berada dalam wilayah Taman Nasional Bali Barat, Bali, Indonesia. Pulau ini memiliki banyak daya tarik yang sangat memanjakan kita sekaligus tidak akan kita temukan di tempat lain. Tidak seperti destinasi wisata lainnya yang termasuk ke dalam wilayah Taman Nasional, Pulau Menjangan sangatlah terbuka bagi wisatawan dan mudah dijangkau. Misalnya dari pulau jawa, kita bisa menjangkau Pulau Menjangan dengan beberapa moda transportasi yang ada, untuk para backpacker, kalian bisa menekan biaya transportasi jika ingin menuju ke pulau menjangan. Apabila kita mulai perjalanan dari Jakarta, kita bisa naik Kereta Api Ekonomi menuju Kota Surabaya atau Yogyakarta, yang dimana harga tiketnya tidak sampai 100 ribu ruapiah!, setelah itu kita bisa menaiki kereta ekonomi Sri Tanjung (dari Yogyakarta) atau kereta ekonomi Probowangi (dari Surabaya Gubeng) sampai ke stasiun Banyuwangi Baru dengan biaya kurang dari 100 ribu juga pastinya.

 

Labuan Lalang

Labuan Lalang

Sampai di stasiun Banyuwangi Baru kita hanya perlu berjalan sedikit menuju pelabuhan Ketapang. Kita bisa menaiki kapal penyebrangan yang ada di Pelabuhan Ketapang untuk menuju pulau Bali dengan biaya Rp. 8000 per orangnya. Sesampainya di Pelabuhan Gilimanuk, kita bisa mencari tempat singgah atau hostel yang ada di daerah pelabuhan dengan biaya yang tergolong murah (sesuai kebutuhan) yaitu sekitar 150-400 ribu per malamnya, eitss… tapi kalau sudah gak sabar kita bisa langsung menuju pulau menjangan dengan naik angkutan umum yang ada (biasanya bus kecil). Kita bisa turun di pelabuhan Labuan Lalang yang merupakan pelabuhan penyebarangan menuju Pulau Menjangan. Setelah itu dengan menyewa boat penyebrangan yang ada (500-700 ribu) kita bisa seharian menikmati Pulau Menjangan!.

 

3. Rumah dari Jalak Bali dan Rusa yang Eksotis

 

Jalak Bali merupakan jenis burung kicau yang berdomisili hanya di Pulau Bali dan sudah ditetapkan menjadi hewan endemic dari pulau bali, Jalak Bali lebih dikenal dengan carik bali. Jalak Bali memiliki bulu berwarna putih, kelopak sekitar mata berwarna biru dan paruh berwarna hitam ke abu-abuan. Sekarang Jalak Bali sudah dinyatakan langka, dan hanya bisa ditemukan di Taman Nasional Bali Barat. Sangat disayangkan keberadaan burung ini sudah hampir punah karena eksploitasi yang yang merajalela. Tapi tenang saja, Taman Nasional Bali Barat sudah menetapkan zona inti penangkaran bagi si Jalak Bali ini. Pengunjung dan wisatawan bisa ikut tour resmi yang disediakan oleh Taman Nasional Bali Barat untuk melihat si Putih yang menawan ini, bagaimana? Penasaran? Ayo ke TNBB

IMG_7843

Burung Jalak Bali sedang menyapa tim Ekspedisi Menjangan #2

 

Tidak hanya Jalak Bali yang ada di Taman Nasional Bali Barat, masih banyak hewan hewan eksotis yang bisa kita jumpai disana. Misalnya “penduduk” asli dari pulau Menjangan, ya sesuai nama pulaunya maka penduduk aslinya pun adalah hewa menjangan atau yang biasa kita sebut rusa/kijang. Pulau menjangan tidak semena-mena namanya diambil tanpa sebab, karena banyaknya menjangan yang hidup sekaligus menjadi penduduk tetap disana akhirnya pulau tersebut diberi nama Pulau Menjangan.

IMG_7572

Seekor Menjangan sedang duduk santai melihat indahnya Pulau Menjangan 

 

4. Tempatnya Festival-Festival Keren!

 

Taman Nasional Bali Barat merupakan sebuah Taman Nasional yang memiliki luas wilayah 19.000 hektare yang dimana terdiri dari berbagai macam keadaan daerah dan berbagai macam fauna yang eksotis. Keadaan ini membuat Taman Nasional Bali Barat maupun pulau Menjangan menjadi lokasi favorit dari festival-festival musiman di Bali. Saat tim Ekspedisi Pulau Menjangan menelusuri wilayah TNBB, kami beruntung karena sedang diadakannya festival Perlombaan Kapal Layar. Tidak hanya festival Kapal Layar yang ada di TNBB, ada juga Festival Burung Kicau yang biasa diadakan setiap tahun, tidak hanya itu, ada juga Festival Diving For Conservation yang diadakan oleh TNBB untuk menjaga sekaligus melestarikan alam bawa laut Pulau Menjangan.

 

Festival Kapal Layar yang diadakan pada tanggal 24 September

 

5. Budaya Yang Kental Serta Pura Indah Di Pulau Menjangan

 

Pulau Menjangan merupakan sebuah pulau yang berada di wilayah Taman Nasional Bali Barat, Pulau Menjangan merupakan pulau tak berpenghuni tetap, disana hanya ada beberapa pura yang digunakan untuk umat hindu beribadah. Biasanya pada pagi hari dan sore hari umat hindu ramai datang berbondong-bondong ke pulau menjangan untuk melaksanakan ibadah. Banyak umat hindu juga merayakan hari raya mereka di pulau menjangan. Biasanya para wisatawan atau umat hindu yang ingin berkunjung ke pulau menjangan menyebrang menggunakan kapal dari labuhan lalang menunju Pulau Menjangan. Terdapat 7 pura utama yang ada di pulau menjangan yang biasanya digunakan untuk Tirta Yatra oleh umat Hindu yaitu : Pura Taman, Pesraman Agung Brahma Ireng, Pagoda Agung Dewi Kwan Im, Pendopo Ida Bhatara Dalem Gajah Mada, Pura Sang Hyang Siwa Pasupati, Pelinggih Ida Bhatara Lingsir Watu Renggong dan Pelinggih Sang Hyang Ganesha.

5. Destinasi Wisata Wall Diving yang menakjubkan

 

Bagi kalian pecinta alam bawah laut Indonesia sekaligus pecinta olahraga selam, hukumnya wajib untuk mencoba sensasi Wall Diving di Pulau Menjangan!. Dengan kontur bawah laut yang hampir semuanya Wall langsung menuju ke laut dalam membuat Pulau Menjangan menjadi salah satu destinasi wisata Wall Diving paling dicari di Indonesia. Kita akan disuguhkan Pure wall dari surface sampai menuju dasar yang sudah tak terlihat lagi saat menyelam. Terkadang kita disuguhkan Cave yang terbentuk di dinding-dindingnya seperti di salah satu spot yaitu Cave Point.

 Sensasi Wall Diving yang spektakuler seakan saat itu dindingnya tak berdasar


Sensasi Wall Diving yang spektakuler seakan saat itu dindingnya tak berdasar

Tidak hanya Wall Pulau Menjangan saja yang mempesona, biota-biota bawah airnya punya sangat memanjakan mata. Dari Angle Fish, Clown Fish, Moray Ell, Nudie Branch, Lion Fish, BumpHead dll semuanya menyapa kami dan seakan mengajak kami untuk  ikut berenang renang menikmati indahnya pulau menjangan.


CP3

Jadi Bagaimana kawan? Masih mau hanya mendengar cerita? Kenapa tidak berkemas dan berangakt? 🙂

 

Oleh : Muhammad Haris