Menjangan. Sebuah pulau kecil yang terletak di Bali bagian barat. Ya, tim Ekspedisi Nusantara Bawah Air kali ini akan menjelajahi dunia bawah air Pulau Menjangan, Bali. Enam dive sites yang kami jelajahi, yaitu Garden of the Gods, Biorock, Pos 1, Anchor Wreck, Garden Eel, dan terakhir Pos 2. Garden of the Gods dan Biorock terletak di Pemuteran yang berjarak 20 menit dari Menjangan. Selain dua dive sites tersebut, semua terletak di Pulau Menjangan yang harus ditempuh menggunakan kapal sekitar 30 menit dari Labuhan Lalang.

Ekspedisi ini adalah diving-ku pertama kali selepas dari LPT (Latihan Perairan Terbuka). Untuk pengalaman pertama kalinya, aku merasakan menyelam sesungguhnya di lautan. Menelaah sinar matahari yang menembus dalamnya lautan, memantau gerak gerik ikan saat bertemu manusia, mengamati karang yang begitu banyak dan indah, aku rasa aku menemukan kebahagiaan. Merasakan bahwa aku dapat membawa tubuhku terbang melayang bebas di dalam lautan.

Satu hal yang aku sorot benar saat aku menyelam, sampah. Begitu banyak sampah yang kami temui saat menyelam di Pos 1, Menjangan. Aku tidak tahu setan macam apa yang merasuki pikiran-pikiran orang tidak bertanggungjawab yang mendorong mereka untuk membuang sampah sembarangan. Keindahan terumbu karang begitu terganggu dengan adanya sampah-sampah yang begitu banyak. Hal ini membuat kumpulan terumbu karang di spot tersebut menjadi seperti kumpulan sampah. Mulai dari sampah plastik hingga sepatu, kami jumpai saat kami menyelam di Pos 1. Kami berenam beserta guide kami memunguti sampah-sampah tersebut semampu kami. Terlalu banyak sampah yang ada, tangan kami pun tidak sanggup lagi untuk mengangkut sampah yang ada. Sampah yang kami soroti benar adalah sampah plastik. Biru dan jernihnya lautan ternoda oleh banyaknya sampah plastik yang berserakan di dalam lautan itu. Ayo jaga laut Indonesia baik-baik!

HZNT3832

Berburu sampah di laut

 

Oleh :

Veda Kusuma


0 Comments

Leave a Reply

Avatar placeholder

Your email address will not be published.