Selamat datang mahasiswa baru Universitas Gadjah Mada, selamat datang calon anggota Unit Selam UGM 2015! Tak terasa tahun ajaran baru telah datang kembali. Berbagai rangkaian kegiatan telah dilalui mahasiswa baru dalam masa orientasi dan pengenalan UGM kepada mereka, tak terkecuali pengenalan mengenai Unit Kegiatan Mahasiswa. Pengenalan UKM pada mahasiswa baru ini diwadahi dalam suatu acara bernama Gelanggang Expo. Melalui Gelanggang Expo, Unit Selam UGM membuka kesempatan bagi seluruh mahasiswa UGM untuk mengenal UKM yang bergerak pada bidang olahraga penyelaman dan konservasi sumber daya bahari ini. Tak disangka, antusiasme pengunjung di stand Unit Selam UGM ternyata cukup ramai. Hal ini terbukti dengan banyaknya mahasiswa yang mendaftar ketika Unit Selam UGM membuka pendaftaran anggota baru, yakni sebanyak 76 mahasiswa.

Pengenalan alat scuba dalam Diklat Ruang

UGM, para pendaftar wajib melewati beberapa rangkaian kegiatan, yakni Seleksi Berkas, Seleksi Kolam, Seleksi Wawancara, serta Pendidikan dan Latihan Dasar (DIKLATSAR). Seleksi Kolam dan Wawancara dilaksanakan pada hari Sabtu, 24 Oktober 2015, di Kolam Renang UNY dan Gedung Sekolah Vokasi UGM. Terdapat lima materi yang diujikan pada saat seleksi kolam, yaitu berenang 200 m, apnea 20 m, tahan napas 30 detik, water trappen 10 menit, serta mengambil barang di kedalaman 3 m. Terdapat 45 peserta yang diumumkan lolos seleksi dan berhak mengikuti Diklatsar.

Pemanasan water trappen pada saat Diklat Kolam

Tahun ini merupakan kali ke-26 Diklatsar telah dilaksanakan. Diklatsar 26 sendiri terdiri dari dua rangkaian, yaitu kolam dan ruang, yang keduanya wajib diikuti oleh seluruh peserta. Diklat Ruang diadakan pada hari Senin-Rabu, 9-11 November 2015 di Ruang Sidang Gelanggang UGM. Pada saat Diklat Ruang ini, para peserta diberikan berbagai materi dasar seputar penyelaman, seperti Fisika Penyelaman, Kesehatan Penyelaman, Teknik Penyelaman, Peralatan Penyelaman, Komunikasi Penyelaman, dan masih banyak lagi. Materi-materi yang disampaikan pada saat Diklat Ruang kemudian akan dipraktekkan pada saat Diklat Kolam.

Materi scuba saat Diklat Kolam

Mengambil lokasi di Dodiklatpur Rindam IV Klaten, Diklat Kolam digelar pada hari Kamis-Minggu, 12-15 November 2015. Selama empat hari, peserta Diklat 26 menerapkan materi-materi yang telah disampaikan pada saat Diklat Ruang dengan didampingi oleh para Senior Diver. Mulai dari skin diving hingga scuba diving, semuanya diperkenalkan pada peserta melalui praktek secara langsung.  Empat hari dilalui oleh peserta Diklat 26 dengan sungguh-sungguh, luar biasa! Sebanyak 31 peserta mampu menyelesaikan Diklat Kolam hingga hari terakhir. Wow, selamat buddies! Dengan demikian, selamat berproses bagi calon anggota baru Unit Selam UGM Diklat 26! Masih ada beberapa tahap pelatihan dan pematerian lagi yang harus kalian jalani untuk menjadi seorang penyelam dan anggota baru Unit Selam UGM.

Unit Selam UGM! Woyo!!


0 Comments

Leave a Reply

Avatar placeholder

Your email address will not be published.